Wednesday, April 25, 2012

Microsoft Software Release Life-Cycle

Layaknya manusia, setiap produk memiliki daur hidup (Life-Cycle) dan tahapan yang bervariatif. Software juga merupakan suatu produk, daur hidupnya biasanya sangat erat sekali tahapannya dengan teknologi dan hardware yang berkembang pada saat itu.
Microsoft pun memiliki tahapan-tahapan tersendiri sebelum mengeluarkan produk software nya ke pasaran,

Tahap 1 :
1. Beta Release atau Technical Preview
Dalam tahap ini software belum sepenuhnya sempurna, tetapi semua feature telah masuk kedalam software tersebut. Biasanya dalam tahap ini pula software mulai dipublikasikan kepada khalayak ramai atau biasa disebut sebagai beta tester.
2. Community Technology Preview (CTP)
Community Technology Preview merupakan beta release yang dikeluarkan untuk kalangan tertentu (Closed Beta) atau berbagai kalangan (Open Beta). tujuan dikeluarkan nya release ini adalah untuk melihat masukkan-masukkan dari kalangan tertentu guna terciptanya suatu software yang sempurna.
Salah satu contoh produknya adalah “Longhorn” Community Technology Preview

Tahap 2 :
Release Candidate
Merupakan versi final dari suatu product yang akan dipasarkan. Produk telah dikunci source code dan featurenya, kecuali apabila ditemukan bug terhadap produk tersebut dan sedikit perubahan saja.

Tahap 3:
RTM (Release to Marketing or Relase to Manufacture)
Produk ini sudah mulai di produksi secara masal, dan siap dijual kepada konsumen melalui retail-retail atau website mereka.

Pemberian nama produk release sebenarnya tidak harus mengacu kepada prinsip software life-cycle, bisa saja berubah seperti contoh windows 8. Windows 8 pertama kali dikeluarkan diberi nama "Windows 8 Developer Preview", tahap ini sebenarnya sama dengan tahap pertama yaitu beta release atau technical preview. Begitu juga akhir februari 2012 muncul release kedua yaitu "Windows 8 Consumer Preview", Customer preview release merupakan tahap transisi antara beta release dan Release Candidate.
Memang tidak ada patokan yang pasti mengenai penamaan ini, tapi yang patut kita ketahui adalah maksud dikeluarkannya produk tersebut, sehingga kita bisa memberi masukkan terhadap mereka sesuai tahapannya.

No comments:

Post a Comment