Thursday, April 19, 2012

Seri SQL Server 2008 R2 : Mengenal SQL Server 2008 R2

sql-server-2008-r2Pernah mendengar codename software bernama "kilimanjaro" ? ya itu merupakan nama awal dari SQL Server 2008 R2. Nama itu pertama dikenalkan ketika TechEd 2009. Sedangkan SQL Server 2008 R2 dikeluarkan ke pasaran sekitar tanggal 21 April 2010.
Ada beberapa teknologi baru yang diusung oleh SQL Server 2008 R2, seperti Master Data Service, StreamInsight, PowerPivot dan masih banyak yang lainnya. 
Mungkin di lain kesempatan penulis akan membahas mengenai hal ini.
Lalu bagaimana memilih edisi yang cocok dengan budget dan kebutuhan anda ? mungkin pembahasan berikut ini dapat membantu anda
1. Kalangan Developer
Bagi kalangan developer yang ingin mengembangkan sebuah aplikasi database kecil, bisa menggunakan SQL Express, sedangkan SQL Server 2008 R2 Developer dikhususkan untuk pengembangan aplikasi yang kompleks dan ingin mencoba feature mission-critical (replication, mirroring, backup dll).
SQL Server 2008 R2 Express SQL Server 2008 R2 Developer
Harga Gratis $49.95 1
Licensing Volume Licensing Program (Open Program, Select License/Plus), Retail FPP (Full Packaged Product)
Media Download dari Microsoft Website
SQL Express 2008 R2 with Management Tools
SQL Express 2008 R2 with Advanced Service
DVD, VLSC Website
CAL Per Developer Per Developer
1Harga retail (FPP) (Sumber Microsoft online Shop)
2. Perusahaan Kecil dan Menengah (Small and Medium Organization)
Definisi mengenai perusahaan kecil dan menengah sangat bervariasi dilihat dari negara yang menetapkan. Sebagai contoh Amerika Serikat menetapkan bahwa perusahaan yang masuk ke dalam kategori ini adalah perusahaan yang memiliki antar 500 sampai 1500 pegawai, sedangkan dibawah 10 pegawai disebut sebagai small office (SOHO).
Tentunya kebutuhan yang diperlukan sangat berbeda-beda, sebagai contoh untuk small office, aplikasi yang dipakai merupakan aplikasi yang tidak terlalu berat dan memakan banyak reseource server, memerlukan mekanisme backup atau replikasi untuk kelangsungan hidup data mereka dan belum membutuhkan sebuat alat keputusan yang terlalu kompleks seperti Business Intelligent. Versi database yang cocok untuk lingkungan ini adalah SQL Server 2008 R2 Workgroup.
Contoh yang lainnya lagi adalah perusahaan dengan skala kecil dan menengah, dimana di perusahaan tersebut kebutuhan untuk data processing mulai banyak, dan para pengambil keputusan mulai melihat apakah data tersebut dapat membantu mereka untuk memutuskan kelangsungan hidup perusahaan atau hanya sekedar tempat meyimpan data. Maka versi yang cocok adalah SQL Server 2008 R2 Standard

SQL Server 2008 R2 Workgroup SQL Server 2008 R2 Standard
Harga $799.00 1 , $3,899.00 2 $2,699.00 3 , $7,525.99 4
Licensing Volume Licensing (Enterprise Aggrement, Open Program, Select License/Plus, FPP, OEM (Satu paket dengan server) Volume Licensing (Enterprise Aggrement, Open Program, Select License/Plus, FPP, OEM (Satu paket dengan server)
Medium DVD, VLSC Website DVD, VLSC Website
CAL Per user, Per device, Per Processor Per user, Per device, Per Processor
1 Harga Retail FPP, (Sumber Microsoft Online Shop), 5 Client Access License (CAL)
2 Harga Retail FPP, (Sumber Microsoft Online Shop), Per 1 Processor CAL
3 Harga Retail FPP, (Sumber Microsoft Online Shop), 10 Client Access License (CAL)
4 Harga Retail FPP, (Sumber Microsoft Online Shop), Per 1 Processor CAL
4. Perusahaan Besar (Large Organization)
Perusahaan besar memiliki arus transaksi yang sangat tinggi, sehingga dibutuhkan suatu software dan server yang mumpun. Dalam perkembangannya data akan tersebar kebanyak wilayah geografis, dengan ada nya hal ini para pemegang keputusan juga membutuhkan suatu tools yang cepat, fleksible dan efisien dalam mengumpulkan data untuk diolah menjadi suatu informasi yang berharga. Penyebaran geografis ini juga menyisakan masalah yang lain seperti kebijakan (Policy) dan Security. Tentu saja ada kemungkinan tiap-tiap wilayah akan mengadopsi Kebijakan dan Security yang berbeda.
Mengatasi hal itu semua versi SQL Server 2008 R2 Enterprise dan Datacenter merupakan versi yang cocok untuk anda.
SQL Server 2008 R2 Enterprise SQL Server 2008 R2 Datacenter
Harga $29,339.95 1 $58,667.11 2
Licensing Volume Licensing (Enterprise Aggrement, Open Program, Select License/Plus, FPP Volume Licensing (Enterprise Aggrement, Open Program, Select License/Plus, FPP
Medium DVD, VLSC Website DVD, VLSC Website
CAL Per Processor Per Processor

1 Harga Retail FPP, (Sumber Microsoft Online Shop), Per 1 Processor CAL
2 Harga Retail FPP, (Sumber Amazon), Per 1 Processor CAL
5. Web Provider
Web provider merupakan penyedia jasa konten bagi end-user yang membutuhkan, sekaligus memelihara data-data mereka. Microsoft khusus mengeluarkan versi khusus untuk web provider yaitu SQL Server 2008 R2 Web Edition. Tidak terbatasnya user atau device yang akan mengakses database ini, mengakibatkan lisensi yang ada hanyalah perprocessor saja.
SQL Server 2008 R2 Web
Harga -
Licensing Volume Licensing (Open Program, Select license\Plus, Enterprise Agreement)
Media VLSC Website
CAL Per Processor
Bagaimana apakah sekarang anda sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai produk-produk ini ? apabila belum, mungkin resource-resource dibawah ini dapat membantu menjawab lebih lengkap pertanyaan-pertanyaan yang masih tersisa
Feature supported by SQL Server 2008 R2
Edition and Component of SQL Server 2008 R2
Overview SQL Server 2008 R2
SQL Server 2008 R2 Licensing Quick Reference Guide

3 comments:

  1. mo tanya pak, apakah SQL Server 2008 enterprise bisa di upgrade ke Sql Server enterprise 2008 R2

    ReplyDelete