Monday, April 16, 2012

Seri Windows 7 : Mengenal windows 7

Berakhirnya masa extended maintenance windows XP pada april 2009, ditandai dengan direncanakannya munculnya operating system baru yang lebih memadai dari segi tampilan, sekuriti dan performa. Produk tersebut diberi codename "Windows 7".
Belakangan codename "Windows 7" ternyata juga dijadikan sebagai nama produk ketika produk tersebut di release sekitar bulan oktober 2009.
Walaupun windows 7 mengungguli produk Microsoft sebelumnya yaitu Windows XP, tetapi produk ini awalnya banyak menuai pro dan kontra, dikarenakan terdapatnya kendala ketika aplikasi-aplikasi lama dijalankan di dalam lingkungan windows 7, walaupun begitu kian hari sepertinya masalah-masalah tersebut mulai dapat diatasi, seiring dengan banyaknya developer yang mengupgrade software dan driver mereka agar kompatible dengan Windows 7.


sebelum anda berminat mengganti operating system menjadi Windows 7 ada baiknya kenali terlebih dahulu varian-varian produknya, karena hal ini nanti akan membantu anda dalam memilih produk tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Berikut ulasannya :

1. Windows 7 Starter Edition

Edisi windows 7 starter biasanya sudah terinstal didalam PC atau netbook baru sebagai "pre-installed operating system".Tidak banyak feature yang aktif di versi ini, bahkan anda tidak dapat mengubah settingan Desktop Wallpaper dan Visual Style nya. Operating system ini digunakan untuk user yang memiliki kinerja tidak terlalu banyak seperti web browsing, mencek email, dan produktifitas individual lainnya.
Harga : tidak dijual secara umum karena dipaket kan dengan PC atau notebook (OEM)

2. Windows 7 Home Basic Edition

Edisi Windows 7 Home Basic diperuntukkan untuk pengguna biasa, tetapi versi ini hanya di jual di bebarapa negara saja yang di katagorikan sebagai emerging market, setidaknya ada sekitar 141 negara yang masuk kedalam kategori tersebut, termasuk Indonesia. Sehingga aktifasi untuk windows 7 versi ini berdasarkan lokasi.
Harga : Software ini tidak dijual di retail, biasanya software ini sudak termasuk ke dalam paket PC atau notebook (OEM)
Feature nya :
- Memiliki versi 32 dan 64 bit
- Multiple Monitor
- Color Depth 32 bit
- Fast User Switching
- Desktop Windows Manager
- Windows Mobility Center
- Sebagian feature Aero dapat diaktifkan
- Internet Connection Sharing
- File and Printer Sharing maksimal 5 koneksi
- Window Parental Control

3. Windows 7 Home Premium Edition

Windows 7 Home Premium sama hal nya dengan Windows 7 Home Basic ditujukan untuk pengguna biasa, dan apabila dilihat sekilas dari feature nya tidak banya perbedaan, kecuali dari segi Windows Media Center.
Harga: Rp. 1.035.000 (OEM) , Rp.1.212.250 (FPP) (sumber dari http://www.software-asli.com/microsoft.php)
Featurenya :
- Semua feature yang terdapat di Windows 7 Home Basic
- file and printer sharing maksimal 10 koneksi
- Dapat membuat Homegroup (Pengganti WORKGROUP)
- Built-in DVD Decoder
- Multi-touch
- Premium game
- Windows Media Center
- Windows Media Player Remote Media Experience

4. Windows 7 Professional Edition

Windows 7 Professional ditujukan untuk konsumen korporat dengan skala menengah, oleh karena itu didalam versi ini terdapat feature integrasi terhadap windows domain.
Harga : Rp. 1.389.425 (OEM), Rp.1.948.925 (FPP) (sumber dari http://www.software-asli.com/microsoft.php), atau mengorder lewat volume license (info lebih lanjut http://www.microsoft.com/licensing/)
Featurenya :
- Semua Feature Windows 7 Home Premium
- Dynamic Disk
- Encrypted File System
- Location Aware Printing
- Presentation Mode
- Group Policy
- Offline file and folder redirection
- Domain joining
- Windows XP Mode
- Software Restriction Policies
- Applocker (sebagian feature saja yang aktif)
- Remote Administration Tools
- AD LDS Atau ADAM

5. Windows 7 Enterprise Edition

Untuk perusahaan dengan skala yang besar, microsoft mengeluarkan edisi Windows 7 Enterprise.Bisa dilihat dari ada nya feature Branch cache dan juga Direct Access. Edisi hanya bisa di beli menggunakan Volume licensing dan konsumen yang memiliki Software Assurance.
Featurenya :
- Semua Feature yang terdapat di Windows 7 Professional
- Full feature applocker
- Bitlocker Drive Encryption
- Branch Cache
- Direct Access
- Multi User Interface Pack
- VDI (Virtual Desktop Infrastructure)

6. Windows 7 Ultimate Edition
Windows 7 Ultimate ditujukan bagi kalangan user individual atau komunitas, tetapi versi ini memiliki seluruh feature yang terdapat di Windows 7 Enterprise.
Harga : Rp.1.846.350 (OEM), Rp.2.070.150 (FPP) (Sumber dari www.software-asli.com/microsoft.php)

7. Windows 7 N dan KN Edition

Mungkin apabila anda memperhatikan, ada beberapa produk windows 7 yang memiliki embel-embel N atau KN di belakang versinya.
Tanda ini ditambahkan karena ada beberapa negara yang mengatur agar paket media center tidak dimasukkan kedalam windows 7. Seperti lambang N berarti versi ini hanya beredar untuk kawasan eropa atau EU market sedangkan lambang KN untuk kawasan korea.
Tapi tentu saja paket media center tersebut dapat diinstall dengan cuma-cuma apabila diperlukan, tinggal mengunduh dari microsoft website.

diatas merupakan sekelumit mengenai produk windows 7 yang beredar dipasar, walaupun ada juga beberapa paket yang dikhususkan bagi thin client dan developer, yaitu windows 7 thin client dan windows 7 embedded. Semoga deskripsi ini dapat membantu anda dalam membeli produk operating system untuk client yang sesuai.

No comments:

Post a Comment